Cari Blog Ini

Minggu, 01 Januari 2012

Kabar Konservasi



Universitas Negeri Semarang bertekad mewujudkan Kecamatan Gunungpati sebagai kawasan penyangga sekaligus sentra buah di Jawa Tengah dengan menggandeng 16 kelurahan di kecamatan itu.
Tekad tersebut dicanangkan pada peringatan Hari Menanam Pohon 2011, di lapangan Kelurahan Sumurejo Kecamatan Gunungpati Kota Semarang, Jumat (2/12).
Kegiatan tersebut melibatkan tak kurang dari 7.200 mahasiswa Unnes. Pencanangan diawali dengan penyerahan simbolik bibit pohon oleh Rektor Unnes Prof Sudijono Sastroatmodjo kepada mahasiswa dan kepala kelurahan. Bibit pohon yang ditanam oleh mahasiswa meliputi pohon buah yang sesuai dengan kondisi Gunungpati, seperti durian, rambutan, manggis, dan nangka.
Upaya mewujudkan Gunungpati sebagai sentra buah, kata Rektor, dilakukan secara bertahap. “Penanaman ini tidak sekadar kegiatan tanpa keberlanjutan, tetapi sebagai kegiatan yang berkesinambungan,” ujarnya.
Ketua Badan Pengembang Konservasi Dr Margareta Rahayuningsih mengemukakan, kegiatan ini merupakan awal dari rangkaian kegiatan penanaman dan pemeliharaan pohon secara berkelanjutan. Penanaman akan dilakukan secara bertahap di 16 kelurahan kecamatan Gunungpati. “Saat ini Unnes memiliki program yang mewajibkan mahasiswa menanam dan merawat minimal satu pohon sampai mereka lulus” katanya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar