Cari Blog Ini

Senin, 29 Oktober 2012

Transformasi Model Data

-          Entitas Kuat : entitas yang tidak memiliki ketergantungan dengan himpunan entitas lainnya.
-          Entitas Lemah : suatu entity yang keberadaannya tergantung pada keberadaan entity lain, yang tidak memiliki atribut yang dapat berfungsi sebagai key attribute.

Agregasi : penggambaran sebuah himpunan relasi yang secara langsung menghubungkan sebuah himpunan entitas dengan sebuah himpunan relasi dalam ERD.

Transformasi model data ke basis data fisik
Untuk mentansformasikan model data ke basis data secara fisik, kita gunakan ERD sebagai representasi dari sebuah basis data secara fisik.  Komponen ERD ditransformasikan menjadi table yang merunpakan komponen utama pembentuk basis data.  Attribut yang ada pada masing-masing himpunan entitas dan relasi akan dinyatakan sebagai field dari table yang sesuai.
 
Transformasi relasi dengan derajat Relasi 1-1
Digunakan untuk menghubungkan 2 buah himpunan entitas yang direpresentasikan dalam bentuk penambahan/penyertaan atribut-atribut relasi ke table yang mewakili salah satu dari kedua himpunan entitas.

Transformasi relasi dengan derajat relasi 1-N
Digunakan untuk menghubungkan 2 buah himpunan entitas, juga akan direpresentasikan dalam bentuk pemberian/pencantuman atribut key dari himpunan entitas berderajat 1 ke table yang mewakili himpunan entitas berderajat N.  Atribut key dari himpunan entitas berderajat 1 menjadi atribut tambahan bagi entitas berderajat N.


Transformasi relasi dengan derajat relasi N-N
Digunakan untuk menghubungkan 2 buah himpunan entitas, diwujudkan dalam bentuk table khusus yang memiliki field (tepatnya foreign key) yang berasal dari key-key dari himpunan Entitas yang dihubungkannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar